Selasa, 10 Desember 2013

Tukang Bakso Online

By. Syamsul Arifin bikin baksoBeberapa tahun yang lalu saya pernah mengikuti pelatihan Internet Marketing di kota Semarang, dan yang menarik adalah para peserta yang mengikuti pelatihan tersebut. Salah satu diantaranya adalah penjual bakso atau biasa dikenal di Indonesia adalah tukang bakso. Dalam hati saya, ini sangat menarik, apa goal dan motivasi si tukang bakso tersebut dengan membuat website khusus “bakso” dengan mengikuti pelatihan tersebut. Saya sempat diskusi dengan beliau, apa yang diinginkan hanyalah agar baksonya bisa dikenal di kalangan luas melalui internet. Padahal menurut saya bisa lebih dari itu. Mari kita bahas lebih mendalam pada artikel berikut.
Seperti pada bisnis kuliner lainnya, rasa dan harga sangatlah berperan penting dalam suksesnya anda berbisnis kuliner. Dari dua parameter tersebut, yang mutlak harus anda prioritaskan tentunya adalah rasa. Pada umumnya, bisnis kuliner sudah barang tentu membutuhkan tempat atau lokasi. Belum pernah ada pebisnis kuliner membuka bisnis kuliner tanpa tempat atau lokasi. Namun, di era seperti sekarang ini, hal ini sangat mungkin bisa terwujud!
Saya melakukan riset sederhana dengan menggunakan bantuan Google, ternyata untuk kata kunci tukang bakso dalam sebulan dicari oleh 2900 orang di Indonesia. Cukup banyak bukan ? Dan dari pencari sebanyak itu, setelah saya cek menggunakan Google tidak ada satu website pun yang digunakan untuk memarketingkan profesi tersebut. Sayang sekali !!! Nah, jika anda pembaca blog setia msuharto dan anda bisa memanfaatkan peluang tersebut, silahkan untuk dioptimalkan sebaik-baiknya.
Orang mencari di mesin pencari seperti Google tentang tukang bakso seharusnya memang sedang mencari orang yang bisa memasak bakso atau orang yang berprofesi sebagai tukang bakso! Hanya kemungkinan kecil saja yang mencari dengan kata kunci tersebut, menginginkan hasil pencarian berupa lagu atau video tukang bakso yang dahulu pernah dipopulerkan oleh Melissa.
Oke, sekarang benang merahnya sudah mulai terlihat bukan ?
Jika anda bukan berprofesi sebagai tukang bakso, apakah anda bisa memanfaatkan peluang ini ? Jawaban saya bisa, anda tidak perlu khawatir, jika anda tidak bisa memasak bakso atau kalaupun bisa membikin bakso rasanya kurang begitu meyakinkan. Anda bisa menghubungi tukang-tukang bakso yang sudah anda ketahui rasanya, coba anda marketingkan mereka melalui blog atau website. Sehingga anda malah bisa menjadi broker tukang bakso.
Bagaimana anda memarketingkan tukang bakso tersebut melalui internet ? Yang anda lakukan adalah buatlah blog, bisa menggunakan wordpress ataupun blogspot. Jika anda sendiri berprofesi sebagai tukang bakso, buatlah blog anda tersebut yang lengkap mengenai curriculum vitae anda. Dimana sekarang anda membuka bakso, berapa orang berkunjung di kedai bakso anda, sertakan foto yang menarik tentang anda dan bakso yang anda jual, mintalah testimoni dari pelanggan anda dan tidak kalah penting adalah bagaimana calon pelanggan anda di internet bisa menghubungi anda abik telepon maupun email. Jika anda sudah bisa membuat video pendek, coba buatlah video pendek yang bisa meyakinkan calon pelanggan di blog anda, upload video tersebut di Youtube dan embed link Youtube tersebut pada blog anda. Jika anda bukan berprofesi sebagai tukang bakso, maka anda bisa memilih sebagai pengusaha bakso atau mewaralabakan bakso dengan membisniskan bakso anda
Langkah selanjutnya setelah anda membuat blog “tukang bakso” tentunya adalah memperkenalkan blog anda ke sebanyak mungkin calon customer, anda pun bisa berjuang melalui teknik SEO, melalui iklan baris, melalui broadcast email, blogwalking, submit ke social bookmarking, melalui video marketing Youtube dan masih banyak teknik marketing yang lainnya.
Saya tidak bertanggung jawab, apabila pada akhirnya nanti anda kebanjiran order membuat bakso melalui blog anda.
Di posting yang lalu, saya pernah membahas mengenai ide profesi tukang ojek, bisnis laundry, dan masih banyak ide bisnis online yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar